Kamis, 20 September 2012

VIDEO BELAJAR BAHASA INGGRIS


RPP KELAS 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah              :  SD Negeri No.118399 Teluk Panji 3
Mata Pelajaran   :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester   :  V (lima) / I (satu)
Alokasi Waktu   :  2  x  35 menit

I.       Standar Kompetensi
1.      Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

II.     Kompetensi Dasar
1.1.   Mendeskripsikan alat-alat tubuh bagian dalam manusia dan hewan, (organ pernapasan, pencernaan dan peredaran darah)

III.    Indikator
1.1.1.Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia
1.1.2.Membuat daftar beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan
1.1.3.Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan

IV.    Tujuan Pembelajaran
Ø   Siswa dapat mengidentifikasi alat pencernaan manusia melalui gambar
Ø   Siswa dapat melakukan kegiatn untuk mengetahui gerakan paristaltik di kerongkongan
Ø   Siswa dapat membaca dan merangkum tentang jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan pencernaan
Ø   Siswa dapat mengidentifkasi jenis alat pencernaan yang sering mengalami gangguan melalui gambar
Ø   Siswa mendiskusikan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan

V.     Materi Pembelajaran
Ø   Alat Pencernaan pada Manusia
Alat-alat pencernaan manusia terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.


1. Mulut
Makanan masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Di dalam rongga mulut terdapat gigi, lidah, dan air ludah (air liur). Ketiga komponen itu berperan untuk mencerna makanan di dalam mulut. Gigi dan lidah mencerna makanan secara mekanis. Air ludah mencerna makanan secara kimiawi. Pencernaan secara mekanis merupakan pencernaan makanan dengan cara dikunyah oleh gigi dan dibantu lidah. Sementara itu, pencernaan kimiawi merupakan pencernaan makanan yang dilakukan oleh enzim.
a. Gigi
Gigi berfungsi menghancurkan makanan yang masuk dalam rongga mulut. Berdasarkan bentuk dan fungsinya, gigi dibedakan menjadi tiga. Ketiga gigi tersebut yaitu gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Gigi seri untuk memotong makanan, gigi taring untuk mengoyak makanan, dan gigi geraham untuk mengunyah makanan. Gigi geraham dibedakan menjadi geraham depan dan geraham belakang. Gigi tertanam pada rahang dan diperkuat oleh gusi. Bagian-bagian gigi yaitu mahkota gigi, tulang gigi, dan rongga gigi. Mahkota gigi tampak putih, halus, dan licin karena dilapisi email. Tulang gigi terletak di bawah lapisan email. Tulang gigi meliputi leher gigi dan akar gigi. Rongga gigi berada di bagian dalam gigi.
b. Lidah
Lidah mempunyai beberapa fungsi seperti berikut.
1) Mengatur letak makanan saat dikunyah.
2) Membantu menelan makanan.
3) Mengecap rasa makanan.
Lidah peka terhadap panas, dingin, dan adanya tekanan. Lidah dapat mengecap makanan karena pada permukaannya terdapat bintil-bintil lidah. Pada bintil-bintil lidah terdapat saraf pengecap. Setiap permukaan lidah mempunyai kepekaan rasa yang berbeda.
c. Air Liur
Saat makanan dikunyah dalam mulut, makanan dibasahi oleh air liur. Makanan menjadi licin dan mudah ditelan. Selain itu, air liur mengandung enzim ptialin atau amilase. Enzim ini berfungsi untuk mencerna zat tepung (amilum) secara kimiawi menjadi zat gula. Itulah sebabnya, saat mengunyah nasi dalam waktu lama kita akan merasakan manis. Pencernaan seperti ini merupakan contoh pencernaan kimiawi.
2. Kerongkongan
Kerongkongan merupakan penghubung antara rongga mulut dan lambung. Kerongkongan berupa saluran yang panjangnya kira-kira 20 cm. Kerongkongan terdiri atas otot yang lentur. Makanan yang berada di dalam kerongkongan akan didorong oleh dinding kerongkongan menuju lambung. Gerakan seperti ini disebut gerak peristaltik. Gerak peristaltik dilakukan oleh otot dinding kerongkongan.
3. Lambung
Lambung adalah alat pencernaan berotot yang berbentuk seperti kantong. Bagian dalam dinding lambung berlipat-lipat. Bagian ini berguna untuk mengaduk makanan yang berasal dari kerongkongan. Dinding lambung juga menghasilkan asam klorida. Asam klorida atau asam lambung berguna untuk membunuh kuman-kuman yang masuk bersama makanan. Selain itu, di dalam lambung terdapat enzim pepsin dan renin. Enzim renin berfungsi mengendapkan protein susu menjadi kasein. Enzim pepsin berguna untuk mengubah protein menjadi asam amino. Di dalam lambung ini terjadi pencernaan secara mekanik dan kimiawi.
4. Usus Halus
Setelah dicerna di lambung, makanan masuk ke usus halus. Usus halus ini sebenarnya sangat panjang, tetapi melipat-lipat di perut kita. Usus halus terdiri atas tiga bagian, yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerap. Di dalam usus dua belas jari, makanan dicerna secara kimiawi. Pencernaan itu dilakukan oleh getah empedu dan getah pankreas. Getah empedu dihasilkan oleh hati. Getah empedu berfungsi untuk mencerna lemak. Beberapa enzim yang dihasilkan getah pankreas sebagai berikut.
a. Enzim amilase, berfungsi mengubah zat tepung menjadi gula.
b. Enzim tripsin, berfungsi mengubah protein menjadi asam amino.
c. Enzim lipase, berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak.
Setelah melewati usus dua belas jari, makanan sampai di usus kosong. Selanjutnya, makanan akan diurai proteinnya oleh enzim erepsin. Sementara itu, karbohidrat yang terkandung dalam makanan tersebut akan diurai oleh enzim maltase, sukrose, dan laktose. Setelah hancur dan lumat, makanan menuju usus penyerap. Bagian dalam dinding usus penyerap berupa jonjot-jonjot. Di dalam jonjot-jonjot itu terdapat ujung pembuluh darah. Melalui pembuluh darah inilah terjadi penyerapan sarisari makanan. Sari-sari makanan masuk dalam aliran darah dan diedarkan ke seluruh tubuh.
5. Usus Besar
Usus besar merupakan kelanjutan dari usus halus. Usus besar terdiri atas usus besar naik, usus besar melintang, dan usus besar turun. Di dalam usus besar terjadi penyerapan air dan garam-garam mineral. Selanjutnya, sisa makanan dibusukkan oleh bakteri pembusuk di dalam usus besar. Hasil pembusukan berupa bahan padat, cair, dan gas.
6. Anus
Bagian akhir dari saluran pencernaan berupa lubang keluar yang disebut anus. Sisa pencernaan dari usus besar dikeluarkan melalui anus. Bahan padat hasil pembusukan dikeluarkan sebagai tinja dan gas. Gas dikeluarkan berupa kentut. Sisa pencernaan yang berupa cairan disalurkan dan disaring dalam ginjal. Cairan yang tidak berguna dikeluarkan melalui lubang kemih berupa air seni.
Kamu sudah mengetahui alat-alat pencernaan dan fungsinya. Bagaimana jika alat
pencernaanmu terserang penyakit? Pasti kamu tidak bisa makan secara normal. Berikut
akan dibahas mengenai penyakit-penyakit yang dapat menyerang alat pencernaan.

Ø  Gangguan Alat Pencernaan
Berbagai penyakit dan gangguan (kelainan) dapat menyerang alat pencernaan. Penyakit dan gangguan itu dapat disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Selain itu, juga karena masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh seperti bakteri dan virus. Di bawah ini beberapa penyakit yang dapat menyerang alat-alat pencernaan.
1. Mag (Radang Lambung)
Penyakit ini ditandai dengan gejala lambung terasa perih dan mual. Penyakit mag disebabkan kebiasaan makan yang tidak teratur. Jika kita tidak segera makan pada saat lapar, lambung menjadi kosong. Akibatnya, asam lambung (asam klorida) yang dihasilkan untuk mencerna makanan melukai lambung.
2. Apendisitis (Radang Umbai Cacing)
Radang pada umbai cacing ditandai dengan sakit pada perut sebelah kanan bawah dan biasanya disertai demam. Umbai cacing (apendiks) adalah tonjolan kecil pada usus buntu (sekum). Penyakit ini disebabkan adanya makanan yang masuk di apendiks dan membusuk. Pembusukan makanan di apendiks tersebut dapat mengakibatkan radang.
3. Disentri
Penyakit disentri disebabkan oleh bakteri. Alat pencernaan yang diserang yaitu usus. Penyakit ini ditandai dengan muntah-muntah dan buang air besar terusmenerus. Disentri dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan makanan dan perlengkapan makan.
4. Sembelit
Gejala penyakit sembelit yaitu susah buang air besar. Penyakit ini disebabkan makanan yang kita makan kurang berserat. Makanan kurang serat dapat mengganggu proses pencernaan. Serat makanan membantu penyerapan air di usus besar. Jika kadar serat makanan berkurang, sisa makanan kurang menyerap air. Akibatnya, sisa makanan menjadi padat sehingga sulit dikeluarkan. Contoh : makanan berserat yaitu sayur-sayuran dan buah-buahan.
Kamu sudah mengetahui penyakit-penyakit pada alat pencernaan. Rawatlah alat pencernaanmu supaya terhindar dari penyakit-penyakit tersebut dengan cara berikut ini.
a. Makan makanan yang bergizi dan seimbang.
b. Menjaga kebersihan alat-alat makan dan bahan makanan.
c. Minum air putih dalam jumlah yang cukup.
d. Makan secara teratur.
e. Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi secara teratur.
f. Menghindari makanan yang terlalu panas dan dingin.
g. Mengurangi makanan yang mengandung banyak gula, misalnya permen dan cokelat.
h. Mencuci tangan sebelum makan.
i. Biasakan mengunyah makanan sampai halus agar mudah dicerna oleh lambung.
j. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, misalnya buah-buahan dan sayur- sayuran.

VI.    Metode Pembelajaran
Ø   Diskusi
Ø   Pemberian Tugas
a.       Mengerjakan soal uji kompetensi
b.      Menggambar

VII.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø   Kegiatan Awal
v  Apersepsi, guru mencoba menggali pengalaman sehari-hari siswa yang berhubungan dengan alat pencernaan. Misalnya :
̵      Berapa kali kalian makan dalam satu hari?
̵      Mengapa kita perlu makan?
̵      Apa sajakah alat pencernaan makanan dalam tubuh kita?
Ø   Kegiatan Inti
v  Siswa diminta melakukan identifikasi alat-alat pencernaan melalui pengamatan gambar
v  Guru mengajak siswa membahas satu persatu alat pencernaan makanan
v  Siswa melakukan kegiatan untuk mengetahui gerakan peristaltic di kerongkongan
v  Menyimak cerita yang bertema gangguan pencernaan setelah berolahraga, siswa diminta memberi tanggapan tentang cerita tersebut
v  Siswa diminta mempelajari materi tentang gangguan atau penyakit pencernaan, seperti Mag (radang lambung), apendostis (radang usus buntu), disentri
v  Siswa diminta melakukan kegiatan untuk mengetahui jenis alat pencernaan yang dapat diserang penyakit
v  Berdasarkan penjelasan yang telah diterimanya, siswa diminta menuliskan beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan pencernaan
Ø   Kegiatan Penutup
v  Mengevaluasi pemahaman siswa dengan mengerjakan soal-soal uji kompetensi yang mengarah kepencapaian indikator
v  Siswa diberi tugas untuk mencari informasi tentang jenis penyakit yang menyerang pencernaan dan cara pencegahannya
v  Menugasi siswa merangkum materi yang telah dijelaskan dengan bahasa sendiri
v  Memberi pertanyaan tertulis untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang dijelaskan

VIII. Media dan Sumber Belajar
Ø   Gambar atau Torso alat pencernaan manusia
Ø   Buku Paket IPA untuk SD/MI Kelas V, terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008, karangan Choiril Azmiyawati, Wigati Hadi Omegawati, Rohana Kusumawati

IX.    Penilaian
Ø   Aspek yang dinilai :
a.       Aspek Afektif (sikap)
Komponen yang dinilai, keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan dan kepedulian terhadap lingkungan
b.   Aspek Psikomotorik
      Komponen yang dinilai, keterampilan dalam menggambar dan membuat model
c.   Aspek Kognitif
      Komponen yang dinilai, kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat tes lisan tersebut
Ø   Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis : Soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan
b.      Portopolio : Kumpulan laporan tertulis kegiatan praktikum

EVALUASI
1.      Penyakit yang berhubungan dengan alat pencernaan pada manusia adalah …
2.      Alat pencernaan makanan yang menghasilkan enzim untuk membantu dalam proses pencernaan makanan secara kimiawi disebut …
3.      Gerakan meremas-remas yang dilakukan oleh dinding kerongkongan disebut …
4.      Yang tidak termasuk pola hidupsehat adalah …
5.      Alat pencernaan makanan pada manusia terdiri dari 2 bagian yaitu …

KUNCI JAWABAN
1.      Gigi berlubang, diare, maag.
2.      Kelenjar pencernaan.
3.      Peristaltik.
4.      Merokok.
5.      Saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan.

KRITERIA PENILAIAN
-          Jawaban yang benar diberi nilai 20
-          Jika salah nilainya 0
-          Nilainya 100 jika benar semua


                                                                                                Kebun Teluk Panji, 20 Juli 2011

                           Mengetahui :                                                Guru Kelas V
        Pelaksana Ka. SD Negeri No. 117870                           


               LANNA KHAIRANI                                            YENI ANASTASIA SIREGAR     
                          









ALAT PERAGA
Gambar Alat-alat Pencernaan Manusia






MULUT

KERONGKONGAN









LAMBUNG



USUS BESAR
USUS HALUS



ANUS




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah              :  SD Negeri No.118399 Teluk Panji 3
Mata Pelajaran   :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester   :  V (lima) / I (satu)
Alokasi Waktu   :  2  x  35 menit

I.       Standar Kompetensi
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

II.     Kompetensi Dasar
1.1.   Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia

III.    Indikator
1.1.1.Menunjukkan sisi utara, selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama Negara atau perairan yang menjadi batas NKRI
1.1.2.Menyebutkan posisi Lintang dan Bujur NKRI
1.1.3.Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI

IV.    Tujuan Pembelajaran
Ø   Siswa dapat mengetahui batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI
Ø   Siswa dapat mengetahui  luas wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi Lintang dan Bujurnya
Ø   Siswa dapat memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI

V.     Materi Pembelajaran
Ø   Batas wilayah NKRI, luas wilayah NKRI, posisi Lintang dan Bujurnya, serta tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI
Indonesia adalah negeri yang sangat luas dan kaya akan sumber daya alam. Negara Indonesia membentang dari Sabang di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam sampai Merauke di wilayah Papua. Secara geografis, Indonesia terletak pada 6o Lintang Utara (LU) hingga 11o Lintang Selatan (LS), dan 95o Bujur Timur (BT) hingga 141o Bujur Timur (BT). Wilayah Indonesia diapit oleh dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Wilayah Indonesia juga diapit oleh dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Letak geografis Indonesia ini sangat strategis untuk perkembangan dan pembangunan negara Indonesia.
Indonesia memiliki luas wilayah sekitar 5.193.252 km2, dengan wilayah daratan sekitar  .904.569 km2 dan wilayah lautan sekitar 3.288.683 km2. Coba kamu bayangkan betapa luasnya wilayah Negara Indonesia tercinta ini. Indonesia merupakan negara terluas di  kawasan Asia Tenggara. Luas wilayah Indonesia yang begitu besar ini jika diukur dari batas wilayah barat sampai timur memiliki panjang sekitar 5.110 km. Sedangkan jika diukur dari batas wilayah utara sampai batas wilayah selatan sekitar 1.888 km.
Tahukah kamu aturan dalam menentukan perbatasan negara? Secara mendasar wilayah suatu negara biasanya mencakup daratan, perairan (lautan), dan udara. Wilayah suatu negara adalah wilayah yang menunjukkan batas-batas di mana negara bersangkutan dapat melaksanakan kedaulatan (kekuasaan pemerintahannya). Perbatasan wilayah negara yang satu dengan negara lainnya ditentukan dengan perjanjian yang dibuat antara dua negara (perjanjian bilateral), atau dibuat oleh banyak negara (perjanjian multilateral). Adapun perbatasan antara dua negara dapat berupa perbatasan alam (seperti pegunungan, lembah, danau, sungai, dan yang lainnya secara alami), perbatasan buatan (seperti pagar kawat berduri, pagar tembok, tugu, dan yang lainnya), dan perbatasan menurut ilmu pasti yaitu dengan menggunakan ukuran garis lintang atau bujur pada peta bumi. Bagaimana mengatur perbatasan lautan? Perairan atau laut yang termasuk bagian wilayah suatu Negara disebut perairan atau laut teritorial. Semua perairan yang meliputi lautan, danau, dan sungai yang berada dalam batas-batas negara merupakan wilayah laut suatu negara. Sedangkan lautan di luar laut teritorial disebut laut bebas.

VI.    Metode Pembelajaran
Ø   Diskusi
Ø   Tanya Jawab
Ø   Penugasan

VII.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø   Kegiatan Awal
v  Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran
v  Guru dan siswa bertanya jawab tentang fungsi peta dunia
Ø   Kegiatan Inti
v  Guru menyiapkan sebuah peta Asia Tenggara yang besar dan dapat dilihat oleh semua siswa
v  Guru menjelaskan batas-batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI, sementara itu siswa menyimaknya
v  Guru menunjuk batas-batas tersebut pada peta secara acak dan berulang-ulang dan siswa menebaknya dengan cepat
v  Guru menyiapkan kelas diskusi
v  Siswa berdiskusi tentang tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI dengan panduan guru
v  Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran
Ø   Kegiatan Penutup
v  Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar
v  Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari
v  Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing

VIII. Media dan Sumber Belajar
Ø   Peta Asia Tenggara
Ø   Buku Paket PKn untuk SD/MI Kelas V, terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009, karangan Rikayani, Endang Abdullah

IX.    Penilaian
Ø   Teknik                      :  Tugas kelompok
Ø   Bentuk Instrumen    :  Penilaian lisan, penilaian sikap

SOAL
Ø   Tugas Kelompok

Lembaran Kerja Siswa (LKS)
Isilah tabel dibawah ini!
No
Kegiatan Mayarakat sebagai Upaya-upaya untuk Menjaga Keutuhan NKRI
1.
…………………………………………………………………………………..
2.
…………………………………………………………………………………..
3.
…………………………………………………………………………………..
4.
…………………………………………………………………………………..
5.
…………………………………………………………………………………..

KUNCI JAWABAN
1.      Kerja bakti dan gotong royong membersihkan lingkungan dan sarana prasarana hidup ,ilik umum.
2.      Saling menghormati dan bekerja sama.
3.      Toleransi antar umat beragama dan penganut kepercayaan.
4.      Ikut ronda malam bagi yang sudah dewasa sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
5.      Rela berkorban untuk kepentingan bersama bagi bangsa dan Negara.

KRITERIA PENILAIAN
-          Jawaban yang benar diberi nilai 20
-          Jika salah nilainya 0
-          Nilainya 100 jika benar semua


                                                                                                Kebun Teluk Panji, 19 Juli 2011

                           Mengetahui :                                                Guru Kelas V
        Pelaksana Ka. SD Negeri No. 117870                           


               LANNA KHAIRANI                                            YENI ANASTASIA SIREGAR     
               NIP. 19650606 199302 1 001.-                              









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah              :  SD Negeri No.118399 Teluk Panji 3
Mata Pelajaran   :  Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester   :  V (lima) / I (satu)
Alokasi Waktu   :  2  x  35 menit

I.       Standar Kompetensi
1.      Menghargai beberapa peningggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa hindu, budha, dan islam

II.     Kompetensi Dasar
1.1.   Mengenal maksud peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa hindu, budha dan islam di Indonesia

III.    Indikator
1.1.1.Mengidentifikasi peninggalan sejarah yang bercorak budha di berbagai daerah di Indonesia
1.1.2.Menceritakan Sriwijaya sebagai kerajaan maritime dan pusat penyebaran agama budha
1.1.3.Mengidentifikasi peninggalan sejarah yang bercorak islam di Indonesia
1.1.4.Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak islam
1.1.5.Menceritakan tokoh-tokoh kerajaan islam di berbagai daerah di Indonesia

IV.    Tujuan Pembelajaran
Ø   Siswa dapat menentukan peninggalan sejarah yang bercorak budha di berbagai daerah di Indonesia
Ø   Siswa dapat menceritakan Sriwijaya sebagai kerajaan maritime dan pusat penyebaran agama budha
Ø   Siswa dapat menentukan peninggalan sejarah yang bercorak islam di Indonesia
Ø   Siswa dapat menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak islam
Ø   Siswa dapat menceritakan tokoh-tokoh kerajaan islam di berbagai daerah di Indonesia



V.     Materi Pembelajaran
Ø   Kerajaan hindu, budha, dan islam di Indonesia
Di wilayah Indonesia yang sekarang kita diami, dulu berdiri kerajaan-kerajaan. Kerajaan-kerajaan itu ada yang besar ada yang kecil. Ada yang bercorak Hindu, Buddha, dan ada juga yang bercorak Islam. Sebagai bukti adanya kerajaan-kerajaan itu, ada peninggalan-peninggalan sejarah.
A.          Kerajaan dan Peninggalan Hindu di Indonesia
Tahukah kalian agama apa yang dianut oleh sebagian besar penduduk Pulau Bali? Sebagian besar penduduk Pulau Bali menganut agama Hindu. Masyarakat Bali memiliki banyak sekali upacara yang dilakukan secara turun-temurun. Upacara-upacara tradisi masyarakat Bali terkenal ke seluruh dunia. Tradisi-tradisi yang dijalankan tersebut merupakan warisan kebudayaan Hindu di masa lalu. Warisan itu terus dikembangkan sampai dengan sekarang ini. Bagaimanakah agama Hindu masuk ke wilayah tanah air kita? Apa saja peninggalan-peninggalannya? Mari kita bahas lebih lanjut pertanyaan-pertanyaan ini.
Tidak diketahui secara pasti kapan agama Hindu masuk ke Indonesia. Agama Hindu dibawa oleh para pedagang dari India. Di antara pedagang tersebut ada yang menetap di Indonesia. Mereka menikah dengan penduduk Indonesia. Pengaruh agama dan kebudayaan India semakin kuat di Indonesia. Bukti-buktinya sebagai berikut.
1.            Banyak penduduk yang memeluk agama Hindu setelah para pendatang dari India memperkenalkan agama Hindu.
2.            Masyarakat Indonesia dahulu tidak mengenal sistem kerajaan. Sistem pemerintahan yang ada pada waktu itu adalah pemerintahan desa yang dipimpin oleh kepala suku. Kedudukan sebagai kepala suku tidak di-wariskan secara turun-temurun. Karena pengaruh agama Hindu, sistem pemerintahan desa diganti kerajaan.
3.            Adanya hasil kebudayaan khas India seperti bangunan candi, seni pahatan patung, seni relief, dan seni sastra. Dalam bidang sastra kebudayaan India memperkenalkan budaya baca tulis dalam huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta.
a. Kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia
Agama Hindu yang dibawa dari India berpengaruh di Indonesia. Salah satu bentuknya adalah munculnya kerajaan-kerajaan Hindu, seperti Kerajaan Kutai, Tarumanegara, Kediri, Singasari, dan Majapahit.
b. Peninggalan sejarah Hindu di Indonesia
Kebudayaan Hindu di masa lampau mewariskan bermacam-macam peninggalan sejarah. Peninggalan sejarah yang bercorak kebudayaan Hindu antara lain candi, prasasti, patung, karya sastra (kitab), dan tradisi.
B.           Kerajaan dan Peninggalan Budha di Indonesia
Agama Buddha mulai masuk ke Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, sekitar abad ke-5 Masehi. Pada tahun 423 Bhiksu Gunawarman datang ke Jawa untuk menyebarluaskan ajaran Buddha. Ia memperoleh perlindungan dari penguasa setempat. Usaha Bhiksu Gunawarman berjalan lancar. Agama Buddha berasal dari India. Agama Buddha masuk ke Indonesia
bersamaan dengan masuknya agama Hindu. Agama Hindu berkembang setelah agama Buddha. Namun, persebaran agama Hindu lebih cepat dari pada persebaran agama Buddha. Hal ini terbukti dari lebih banyaknya kerajaan Hindu daripada kerajaan Buddha. Pusat-pusat kerajaan Buddha hanya terdapat di Sumatra dan beberapa daerah di Jawa. Kita akan membahas peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Buddha dan Kerajaan Sriwijaya sebagai pusat penyebaran agama Buddha pada waktu itu.
a. Kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia
Agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha masuk dan berkembang di wilayah tanah air dalam waktu hampir bersamaan. Ada beberapa kerajaan yang dipengaruhi baik oleh agama Hindu maupun Buddha. Bahkan, ada peninggalan sejarah yang membuktikan bahwa kedua agama itu hidup secara berdampingan dalam suatu kerajaan. Kerajaan-kerajaan yang mempunyai ciri baik Hindu maupun Buddha, antara lain Kerajaan Mataram Lama di Jawa Tengah dan Singasari di Jawa Timur. Sedangkan kerajaan yang bercorak Buddha antara lain Sriwijaya di Sumatra Selatan. Kita akan membahas lebih lanjut Kerajaan Sriwijaya sebagai salah satu pusat agama Budha di Indonesia.
b. Peninggalan sejarah bercorak Budha
Peninggalan sejarah Buddha dan Hindu hampir sama, yaitu candi, prasasti, patung, dan kitab.
C.          Kerajaan dan Peninggalan Islam di Indonesia
Kebanyakan penduduk negara kita beragama Islam. Bagaimana Agama Islam masuk dan berkembang di negara kita? Umumnya para ahli berpendapat Agama Islam mulai masuk ke Indonesia pada abad ke-13 M. Agama dan kebudayaan Islam masuk Indonesia melalui para pedagang yang berasal dari Arab, Persia, dan Gujarat (India), dan Cina. Agama Islam berkembang dengan pesat di tanah air. Hal ini dapat dilihat dengan berdirinya kerajaan-kerajaan Islam. Kita akan membahas peninggalan-peninggalan sejarah dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
a. Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
Setelah keraajaan-kerajaan Hindu-Buddha surut, mulai berdiri kerajaan-kerajaan Islam di tanah air kita. Berikut ini beberapa contoh kerajaan Islam yang pernah berdiri di Indonesia.
- Kerajaan Samudera Pasai
- Kerajaan Aceh
- Kerajaan Demak
- Kerajaan Mataram
- Kerajaan Banten
b. Peninggalan sejarah bercorak Islam di Indonesia
Agama dan kebudayaan Islam mewariskan banyak sekali peninggalan sejarah. Peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam antara lain masjid, kaligrafi, karya sastra, dan tradisi keagamaan.

VI.    Metode Pembelajaran
Ø   Diskusi
Ø   Ekspositori
Ø   Penugasan

VII.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø   Kegiatan Awal
v  Memberi penjelasan singkat mengenai candi Borobudur sebagai peninggalan agama budha di Indonesia
v  Mengajak siswa untuk memperhatikan gambar Masjid Demak
v  Menjelaskan tentang kedua peninggalan sejarah tersebut kepada siswa
Ø   Kegiatan Inti
v  Menugaskan siswa melakukan kegiatan pengamatan terhadap 3 gambar, yaitu : Masjid Demak, Candi Borobudur, dan Candi Mendut
v  Mengadakan tanya jawab dengan siswa mengenai tradisi yang dilakukan oleh umat islam di wilayah tempat tinggalnya
v  Mengajak siswa mengamati peta kerajaan Sriwijaya dan melakukan Tanya jawab mengenai luasnya wilayah kerajaan tersebut
v  Menjelaskan informasi penting mengenai Sriwijaya sebagai kerajaan maritime dan pusat penyebaran agama budha
v  Menjelaskan secara singkat mengenai kedatangan agama islam ke Indonesia  
v  Menugaskan siswa untuk membuat resume mengenai kerajaan-kerajaan islam di Indonesia. (Misal Kerajaan Pasai, Aceh, Demak, Banten dll)
v  Menugaskan siswa untuk melakukan studi pustaka atau mencari data di lapangan mengenai peninggalan islam yang ada di Indonesia
v  Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang tokoh-tokoh kerajaan islam di berbagai daerah di Indonesia, diantaranya :
a.       Sultan Malik Al Saleh tokoh dari …
b.      Raden Fatah tokoh dari …
c.       Sultan Iskandar Muda tokoh dari …
d.      Sultan Agung Tirtayasa tokoh dari …
e.       Sultan Hasanuddin tokoh dari …
Ø   Kegiatan Penutup
v  Memandu siswa untuk membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas, terutama apa saja peninggalan islam di Indonesia

VIII. Media dan Sumber Belajar
Ø   Gambar-gambar peninggalan sejarah hindu, budha, dan islam
Ø   Buku Paket IPS untuk SD/MI Kelas V, terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008, karangan Endang Susilaningsih, dan Linda S. Limbong

IX.    Penilaian
Ø   Teknik                      :  Tugas Individu
Ø   Bentuk Instrumen    :  Penilaian lisan, penilaian sikap

SOAL
Ø   Tugas Individu

Lembaran Kerja Siswa (LKS)
Isilah tabel dibawah ini!
No
Kerajaan
Nama Raja
Peninggalan Sejarah
1.
Kutai
………………………..
………………………..
2.
Tarumanegara
………………………..
………………………..
3.
Kediri
………………………..
………………………..
4.
Singa Sari
………………………..
………………………..
5.
Majapahit
………………………..
………………………..

KUNCI JAWABAN
1.      Nama Raja  :  Kudungga           Peninggalan Sejarah  :  Yupa
2.      Nama Raja  :  Purnawarman      Peninggalan Sejarah  :  Irigasi dari Sungai Citarum
3.      Nama Raja  :  Kameswara          Peninggalan Sejarah  :  Prasasti, kitab
4.      Nama Raja  :  Ken Arok            Peninggalan Sejarah  :  Candi Jago, Candi Kidal
5.      Nama Raja  :  Gajah Mada         Peninggalan Sejarah  :  Candi Sawentar, Candi Tikus

KRITERIA PENILAIAN
-          Jawaban yang benar diberi nilai 20
-          Jika salah nilainya 0
-          Nilainya 100 jika benar semua


                                                                                                Kebun Teluk Panji,  21 Juli 2011

                           Mengetahui :                                                Guru Kelas V
        Pelaksana Ka. SD Negeri No. 117870                           


               LANNA KHAIRANI                                            YENI ANASTASIA SIREGAR     
               NIP. 19650606 199302 1 001.-                              


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BERKARAKTER

Sekolah              :  SD Negeri No.118399 Teluk Panji 3
Mata Pelajaran   :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VI (enam) / I (satu)
Alokasi Waktu   :  2  x  35 menit

I.       Standar Kompetensi
1.      Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan

II.     Kompetensi Dasar
1.1.   Menuliskan hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan

III.    Indikator
1.1.1. Menuliskan ringkasan cerita anak (dalam beberapa kalimat)
1.1.2. Menuliskan dan menjelaskan arti kata-kata sukar dari cerita anak
1.1.3. Mencari sinonim dan mengubah puisi ke dalam bentuk prosa

IV.    Tujuan Pembelajaran
Ø   Peserta didik dapat memahami cerita
Ø   Karakter siswa yang diharapkan :
-   Kreatif
-   Bersahabat
-   Gemar membaca

V.     Materi Pembelajaran
Ø   Menemukan Hal-hal Penting dari Teks Bacaan

VI.    Metode Pembelajaran
Ø   Tanya jawab
Ø   Latihan
Ø   Pemberian Tugas


VII.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø   Kegiatan Awal
v  Mengapresiasikan siswa berdoa, selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa, menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama
v  Mengajukan pertanyaan yang ada hubungannya dengan pembelajaran yang lalu
v  Pelaksanaan belajar melalui soal-soal latihan dan penugasan
v  Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari
Ø   Kegiatan Inti
A.  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru :                
v  Memberi pengarahan kepada siswa untuk menemukan hal-hal penting dari teks bacaan melalui buku pegangan siswa yang telah disiapkan
v  Mengkondisikan siswa pada suasana pembelajaran efektif dan berdoa sesuai dengan agama masing-masing dan mengabsen siswa
v  Memberikan apersepsi melalui tanya jawab tentang materi pembelajaran sebelumnya
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran
B.  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru :
v  Menugaskan siswa membuat kalimat pertanyaan berdasarkan teks yang dibacakan melalui kegiatan tanya jawab, latihan, dan penugasan
v  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dll, untuk memunculkan gagasan, baik secara lisan maupun tertulis
v  Memberikan kesempatan untuk berfikir, menganalisa, dan menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut
v  Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan koloboratif
v  Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok
v  Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggan dan rasa percaya diri siswa
C.  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru :
v  Menugaskan siswa tentang hal-hal pokok dari suatu teks yang dibacakan melalui kegiatan latihan dan penugasan
v  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa
v  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi siswa melalui berbagai sumber
v  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
v  Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
-          membantu menyelesaikan masalah, siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
-          memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
-          memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

Ø   Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup guru :
v  Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran
v  Merencanakan kegiatan lebih lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, program pengayaan dan memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok, sesuai dengan hasil belajar siswa
v  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

VIII. Media dan Sumber Belajar
Ø   Wacana “Sekolah Dasar di Gunung Kidul ditutup”
Ø   Buku Paket Bahasa Indonesia untuk SD/MI Kelas VI, terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008, karangan Umri Nur’aini dan Indriyani

IX.    Penilaian
Ø   Prosedur
Ø   Jenis tes : Tes tertulis
Ø   Alat tes  : wacana, soal tes, kunci jawaban dan skor

Nilai budaya dan karakter bangsa                 Indikator budaya dan karakter bangsa

Bersahabat/komunikatif                                     -  Memberikan pendapat dalam kerja kelompok di kelas
                                                                           -  Memberi dan mendengarkan pendapat dalam dismusi kelas
                                                                           -  Memberi dan mendengarkan pendapat dalam diskusi kelas
Kreatif                                                                -  Membuat berbagai kalimat baru dari sebuah kata
                                                                           -  Bertanya tentang sesuatu yang berkenaan dengan pelajaran tetapi di luar cakupan materi pelajaran
                                                                           -  Membuat karya tulis tentang hal baru tapi terkait dengan materi pelajaran
Gemar membaca                                                -  Membaca buku dan tulisan yang terkait dengan mata pelajaran  
                                                                           -  Membaca buku novel dan cerita pendek
                                                                           -  Membaca buku atau tulisan tentang alam, sosial, budaya, seni dan teknologi


WACANA

Sekolah Dasar di Gunung Kidul ditutup

         Pada tahun 2001 hingga sekarang 33 sekolah  dasar di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta ditutup karena jumlah siswanya semakin berkurang. Sekolah dasar  yang ditutup itu kemudian digabung dengan SD yang berdekatan, sekolah dasar yang ditutup pada tahun 2001 ada 12 sekolah, kemudian menyusul 20 SD pada tahun 2002.
         Penutupan sekolah dasar yang ada di daerah ini, menyebabkan sebagian besar gedung sekolah itu rusak tidak terurus. Sejumlah gedung sekolah yang masih layak digunakan. Telah diminta oleh pemerintah desa setempat untuk kegiatan masyarakat.
         Dinas Pendidikan Gunung Kidul tidak berkeberatan jika gedung sekolah itu digunakan untuk kegiatan masyarakat desa. Meskipun secara administrasi masih milik pemerintah kabupateen sehingga apabila pemerintah desa akan menggunakan gedung tersebut harus melalui proses perijinan. Adapun pemanfaatan gedung-gedung bekas sekolah dasar tersebut belum diputuskan oleh pemerintah daerah setempat.

EVALUASI
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat!
1.      Apakah yang terjadi di Kabupaten Gunung Kidul?
2.      Mengapa banyak sekolah dasar yang ditutup?
3.      Sejak kapan sekolah dasar tersebut ditutup?
4.      Dimanakah sekolah dasar yang tidak menerima murid lagi?

KUNCI JAWABAN
1.      Karena jumlah siswanya semakin berkurang
2.      Sebagian besar gedung sekolah itu rusak tidak terurus
3.      Tahun 2001
4.      Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta

KRITERIA PENILAIAN
NO
ASPEK
KRITERIA
SKOR
1
Konsep
Semua benar

Sebagian besar benar

Sebagian kecil benar

Semua salah
4

3

2

1


                                                                                                Kebun Teluk Panji, 19 Juli 2010

                           Mengetahui :                                                Guru Kelas VI
        Pelaksana Ka. SD Negeri No. 117870                           


              LANNA KHAIRANI                                             YENI ANASTASIA SIREGAR     
              NIP. 19650606 199302 1 001.-                               





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

Sekolah              :  SD Negeri No.118399 Teluk Panji 3
Tema                  :  Lingkungan
Kelas/Semester   :  II (dua) / I (satu)
Alokasi Waktu   :  2  x  35 menit

I.       Standar Kompetensi
1.      PKn
ü  Membiasakan hidup bergotong-royong
2.      IPS
ü  Memahami peristiwa dalam keluarga secara kronologis
3.      IPA
ü  Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
4.      Matematika
ü  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5.      Bahasa Indonesia
ü  Mendengarkan
̵      Memahami teks pendek dan puisi anak yang di lisankan
ü  Berbicara
̵      Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan berdeklamasi
ü  Membaca
̵      Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak yang di lisankan
ü  Menulis
̵      Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
6.      SBK (Seni Budaya dan Keterampilan)
ü  Seni musik
̵      Mengekspresikan diri melalui seni musik
ü  Seni tari
̵      Mengekspresikan diri melalui seni tari

II.     Kompetensi Dasar
1.      PKn
ü  Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong
2.      IPS
ü  Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya
3.      IPA
ü  Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
4.      Matematika
ü  Membandingkan bilangan sampai 500
5.      Bahasa Indonesia
ü  Mendengarkan
̵      Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
ü  Berbicara
̵      Menceritakan kegiatan sehari-hari
̵      Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat)
ü  Membaca
̵      Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
ü  Menulis
̵      Menulis kalimat sederhana yang di diktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital, dan tanda titik
6.      SBK (Seni Budaya dan Keterampilan)
ü  Seni musik
̵      Mengungkapkan perasaan yang dialami melalui perubahan tempo pada lagu dengan gerakan
̵      Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana
ü  Seni tari
̵      Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerak tari

III.    Indikator
1.      PKn
ü  Menjelaskan pentingnya hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong
ü  Menjelaskan pengertian gotong-royong
ü  Memberikan contoh perilaku gotong-royong

2.      IPS
ü  Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
ü  Menceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen
3.      IPA
ü  Mengenal bagian-bagian hewan
ü  Menunjukkan bagian-bagian tumbuhan
4.      Matematika
ü  Mengurutkan bilangan sampai 500
ü  Menuliskan bilangan sampai 500
5.      Bahasa Indonesia
ü  Mendengarkan
̵      Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang didengarnya, (tokoh, peristiwa, urutan kejadian)
̵      Menceritakan secara tertulis bacaan yang didengarnya
ü  Berbicara
̵      Mampu menceritakan secara lisan bacaan yang didengarnya
̵      Mampu mengucapkan kalimat dalam setiap bait dengan sesuai
ü  Membaca
̵      Mampu mendeklamasikan puisi dengan penuh kejiwaan
̵      Mampu membaca puisi dengan intonasi dan mimik yang sesuai
̵      Mampu menjelaskan isi puisi
ü  Menulis
̵      Mampu menulis kalimat yang di diktekan guru
̵      Mampu menuliskan dengan menggunakan huruf kapital dan tanda titik dengan benar
6.      SBK (Seni Budaya dan Keterampilan)
ü  Seni musik
̵      Membedakan bunyi alam dan buatan
̵      Menyebutkan sumber bunyi alam
ü  Seni tari
-     Mengelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan

IV.    Tujuan Pembelajaran
         Siswa dapat :
Ø   Hal-hal penting dari yang dibacanya dan didengarnya
Ø   Menceritakan secara tertulis bacaan yang didengarnya
Ø   Menceritakan secara lisan bacaan yang didengarnya
Ø   Mengucapkan kalimat dalam setiap bait dengan sesuai
Ø   Mendeklamasikan puisi dengan penuh kejiwaan
Ø   Membaca puisi dengan intonasi dan mimik yang sesuai
Ø   Menuliskan kalimat yang di diktekan guru
Ø   Menuliskan kalimat dengan menggunakan huruf kapital dan tanda titik yang sesuai
Ø   Mengurutkan bilangan sampai 500
Ø   Menuliskan bilangan sampai 500
Ø   Mengenal bagian-bagian hewan
Ø   Menunjukkan bagian-bagian tumbuhan
Ø   Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
Ø   Menjelaskan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
Ø   Menjelaskan pengertian bergotong-royong
Ø   Memberikan contoh perilaku bergotong-royong
Ø   Membedakan bunyi alam dan buatan
Ø   Menyebutkan sumber bunyi alam
Ø   Mengelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan

V.     Materi Pembelajaran
Ø   Hidup gotong-royong
Ø   Dokumen pribadi dan keluarga
Ø   Hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah
Ø   Operasi hitung bilangan sampai 500
Ø   Puisi anak
Ø   Mendengarkan cerita pendek
Ø   Melengkapi kalimat
Ø   Menulis huruf tegak bersambung
Ø   Huruf kapital dan tanda titik
Ø   Gerakan meniru alam

VI.    Metode Pembelajaran
Ø   Tanya jawab
Ø   Demonstrasi
Ø   Pemberian tugas

VII.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø   Kegiatan Awal
v  Mengisi daftar kelas dan berdoa
v  Memeriksa alat pelajaran
v  Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis dan membaca
v  Guru bertanya jawab tentang materi yang lalu dan mengaitkan dengan pelajaran sekarang
v  Mengumpulkan tugas/PR
Ø   Kegiatan Inti
Pertemuan pertama
v  Melalui penjelasan guru tentang operasi hitung anak dapat mengurutkan bilangan dan menuliskan nya
v  Guru membacakan pesan pendek, siswa dapat menceritakan kembali
Pertemuan kedua (Matematika, IPS)
v  Dengan penjelasan guru siswa dapat menuliskan bilangan-bilangan sampai 500
v  Dengan penjelasan guru tentang dokumen, siswa dapat mengetahui pentingnya dokumen
v  Memberikan contoh dokumen
Pertemuan ketiga (Bahasa Indonesia, PKn)
v  Melalui penjelasan guru tentang hidup rukun, siswa dapat menjelaskan pentingnya hidup rukun, saling berbagi, dan gotong-royong
v  Menjelaskan gotong-royong
v  Memberi contoh perilaku gotong royong
v  Mendengarkan dan menyajikan, menyusun kalimat berdasarkan gambar dengan kalimat sederhana
v  Mencatat hal-hal penting dan menceritakan kembali
Pertemuan keempat (IPA, Bahasa Indonesia)
v  Membaca teks pendek kemudian menjawab sesuai cerita
v  Menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung
v  Menulis kalimat dengan menggunakan huruf kapital dan tanda titik
v  Guru menjelaskan bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan
Pertemuan kelima (IPA, SBK)
v  Melalui pengamatan, siswa dapat menunjukkan bagian utama tumbuhan
v  Dengan penjelasan guru tentang bunyi alam dan buatan, siswa dapat membedakan bunyi alam dan buatan serta sumber bunyi
v  Siswa dapat memperagakan tari sesuai dengan tingkat kesulitannya
Ø   Kegiatan Penutup
v  Guru menyimpulkan tiap-tiap materi yang diajarkan
v  Mengerjakan post tes
v  Pemberian tugas / PR

VIII. Media dan Sumber Belajar
Ø   Kartu bilangan
Ø   Gambar tanaman dan hewan
Ø   Contoh Akte, Kartu Keluarga
Ø   Lingkungan sekitar
Ø   Buku Paket PKn untuk SD/MI Kelas II, terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009, karangan Sarjan, dan Agung Nugroho
Ø   Buku Paket IPA untuk SD/MI Kelas II, terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009, karangan Sri Purwati
Ø   Buku Paket IPS untuk SD/MI Kelas II, terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009, karangan Kuswanto, Y. Suharjanto
Ø   Buku Paket Matematika untuk SD/MI Kelas II, terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009, karangan Jailan Haryon
Ø   Buku kerja tematik A Penulis H. Tukimo, Mardianto
Ø   Buku kerja tematik B penulis H. Juremi, Rusdi Ananda
Ø   Buku kerja tematik C penerbit PT. Tukindo Utama
Ø   Buku kerja tematik D penerbit PT. Tukindo Utama

IX.    Penilaian
Ø   Tehnik tes
̵      Tes lisan (diberikan saat proses pembelajaran berlangsung)
a.       Keberanian menjawab
b.   Ketepatan jawaban
c.   Keseriusan dan konsentrasi menyimak pertanyaan 
Ø   Tes tertulis (isian)


EVALUASI

PKn
1.      Apa arti setia kawan …
2.      Sebutkan contoh hidup rukun dirumah …
3.      Sebutkan contoh hidup rukun disekolah …
4.      Sebutkan contoh saling berbagi dirumah …
5.      Sebutkan contoh perilaku gotong-royong …

IPS
1.      Mengapa akte kelahiran harus dirawat …
2.      Bagaimana cara merawat akte …
3.      Apa gunanya album photo …
4.      Dimana album disimpan …
5.      Apakah kamu mempunyai album photo …

IPA
Kegunaan bagian tubuh hewan
No
Bagian tubuh ikan
Kegunaannya
1
Mulut
……………..
2
Mata
……………..
3
Sirip
……………..
4
Ekor
……………..
5
Sisik
……………..

Matematika
1.      Membilang sepuluh-sepuluh dari 10 sampai 100!
2.      Membilang sepuluh-sepuluh dari 100 sampai 200!
3.      Membilang sepuluh-sepuluh dari 200 sampai 300!
4.      Tuliskan bilangan-bilangan yang kamu sebutkan!
5.      Tuliskan urutan dari yang terkecil : 220 – 230 – 210!

Bahasa Indonesia
 I.      Tulislah kalimat di bawah ini dengan menggunakan huruf tegak bersambung!
1.      Kami kelas dua
2.      Di desa kami terjadi banjir
3.      Kelas dua sedang belajar menari
4.      Sore ini terjadi gempa tektonik
5.      Lingkungan sekolah kami bersih dan rapi

KUNCI JAWABAN

PKn
1.      Hidup rukun dan saling berbagi
2.      Saling menyayangi
3.      Hormat dan patuh
4.      Makan bersama
5.      Murid-murid membersihkan lantai seekolah

IPS
1.      Karena surat kelahiran ini sangat penting
2.      Harus disimpan dengan baik
3.      Untuk tempat gambar
4.      Di lemari
5.      punya

IPA
1.      Menerima makanan
2.      Melihat
3.      Untuk berenang
4.      Menggerakkan tubuh waktu berenang
5.      Melindungi kulit dan daging

Matematika
1.      20,30,40,50,60,70,80,90
2.      110,120,130,140,150,160,170,180,190
3.      210,220,230,240,250,260,270,280,290
4.      Kebijaksanaan guru
5.      210 – 220 – 230
Bahasa Indonesia
1.     Kami kelas dua
2.     Di desa kami terjadi banjir
3.     Kelas dua sedang belajar menari
4.     Sore ini terjadi gempa tektonik
5.     Lingkungan sekolah kami bersih dan rapi



KRITERIA PENILAIAN
-          Jawaban yang benar diberi nilai 20 setiap mata pelajaran
-          Jika salah nilainya 0
-          Nilainya 100 jika benar semua setiap mata pelajaran


                                                                                                Kebun Teluk Panji, 18 Juli 2011

                           Mengetahui :                                                Guru Kelas V
        Pelaksana Ka. SD Negeri No. 117870                           


              LANNA KHAIRANI                                             YENI ANASTASIA SIREGAR     
              NIP. 19650606 199302 1 001.-